September 16, 2016

3 PERKATAAN MENGEJUTKAN YESUS

1) Matius Pemungut Cukai mengikut YESUS

Matius 9 : 9-13 > Pemungut cukai dulu  (pada jaman itu) sangat dibenci oleh rakyat, karena ia meminta pajak kepada semua orang, termasuk orang miskin, dan kalau orang itu tidak mau bayar pajak, rumahnya akan disita dan barang - barangnya diambil semua.

Tapi, Tuhan Yesus mau makan bersama Matius padahal dia sangat berdosa dan jahat. Ayat 13 memperlihatkan bahwa Yesus berkata " Aku datang untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa. Kita semua pasti pernah berbuat dosa, tapi jangan kuatir karena Tuhan lahir dan juga mati disalib untuk menebus orang berdosa kayak Matius.

2) YESUS membawa pemisahan - bagaimana mengikut YESUS?

Dalam mengikut Yesus, kita harus mengutamakan YESUS di atas segalanya. Di atas keluarga, pelajaran, hobi, main games / komputer. Seringkali kita buka Facebook lebih lama dari membaca Alkitab, berarti kita belum sungguh - sungguh mengikut Yesus.

Ayat 38 ada kata " Memikul SalibNya" berarti menanggung semua penderitaan atau kesulitan ketika mengikut YESUS. Contoh : kita harus ke gereja setiap minggu pagi, kita harus bangun pagi tapi ngantuk. Itu semua kita harus lakukan karena Tuhan telah lebih dulu menderita untuk kita!

3) Perumpamaan tentang Domba yang Hilang

Gembala yang baik seperti Tuhan Yesus yang punya 100 domba, tapi ketika ada 1 domba saja hilang, Ia rela meninggalkan 99 domba yang tadi dan mencari 1 domba yang hilang itu. Ia tidak cuek saja > ini artinya 1 domba atau 1 orang yang tersesat (hilang) yaitu orang - orang berdosa seperti kita. Tuhan masih mau mencari dan menyelamatkan kita > Tuhan masih mau mengampuni dosa - dosa kita.

Jadi, intinya :
Kita tidak perlu kuatir jika telah banyak berbuat dosa. Tetapi INGAT harus berdoa minta ampun kepada Tuhan, dan sungguh - sungguh mau berubah dan bertumbuh dengan rajin membaca Alkitab dan sate teduh juga.


Shalom,


Lucia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar