September 16, 2016

KESABARAN DAN TAKUT AKAN TUHAN

Ayub 1:13-22

Ayub ialah seorang kaya raya yang hidupnya saleh dan jujur (Ayub 1:1).  Dia punya banyak sekali kambing domba (ternak) dan 10 anak. Namun, suatu saat iblis ingin menguji Ayub apakah ia tetap taat dan takut kepada Tuhan Allah sekalipun semua hartanya habis dan anak - anaknya mati. Di ayat 13-22 mengindikasikan bahwa Ayub mendapatkan berita buruk beruntun - untun (banyak). Masalah dan kesengsaraanya ada banyak :
1. Semua ternak dan hartanya habis diambil bangsa lain.
2. Semua anaknya (10 orang) meninggal tiba - tiba secara langsung.
3. Istrinya menyuruhnya untuk menyangkal Tuhan (ayat 9 dan 10). Istrinya bukannya mendukung dan menghibur Ayub, malah pergi meningggalkan dia.
4. Ketiga sahabatnya lama - lama meninggalkan Ayub juga karena begitu besar penderitaan Ayub.
5. Ayub 2:7 menyatakan bahwa Ayub terkena penyakit barah yang busuk dari telapak kaki sampai kepala > sangat menjijikan dan sakit dan gatal.
6. Ia dihina dan diejek oleh banyak orang, bahkan orang - orang yang tadinya jauh lebih miskin daripada dia.

Namun, meskipun sangat besar dan banyak penderitaan Ayub, ia tetap SABAR menanggung penderitaannya, tidak menyangkal Tuhan (lihat Ayub 1:20-22) > Ia tetap memuji Allah dan taat kepadaNya.

Jadi, kita harus belajar seperti Ayub, yang mau sungguh - sungguh SABAR, PERCAYA bahwa TUHAN selalu punya rencana indah di balik semua penderitaan kita.
Example : - SABAR belajar pelajaran yang susah, tidak panik atau bingung, dan selalu bersandar kepada TUHAN melalui berdoa dan membaca Alkitab.
                    - SABAR terhadap orang tua dan keluarga > kalau dinasehati orang tua, maka tidak boleh cepat marah atau mengomel.

INGAT, anak SABAR pasti disayang TUHAN seperti Ayub yang telah sabar dan tetap percaya kepada TUHAN (Ayub 42:12-17), akhirnya ia mendapatkan berkat yang jauh lebih banyak dari sebelumnya.

Shalom,

Lucia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar